Sabtu, 05 Mei 2012

RAGAM BUDAYA BANYUMAS ( BEBERAPA CONTOH )


PENYUSUNAN  RAGAM  BUDAYA  JAWA  TENGAH

KABUPATEN            :  BANYUMAS
KECAMATAN           :  KEDUNGBANTENG
DESA                         :  KARANGNANGKA

  1. Gambaran umum

   Peta Kabupaten Banyumas















Kabupaten  Banyumas   merupakan  bagian  dari  wilayah  propinsi  Jawa  Tengah  yang  terletak  di  bagian  barat.  Mengenai  luas  Wilayah  Banyumas   Kabupaten  Banyumas  +  132.759.,56  ha  atau  1.327,60  km2   yang  terdiri  dari wilayah  dataran  dan  pegunungan.
Letak  wilayah  Kabupaten  Banyumas  yang  sangat  strategis  sebagai  pintu  gerbang  masuk  wilayah  propinsi  Jawa  Tengah  bagian  selatan,  yang  terdiri  dari  wilayah  pegunungan, dataran  rendah  lembah  sungai  Serayu, gunung  Slamet  yang  menstabilkan  kondisi  alam  stabil  murah  air  bebas  banjir,  tanah  vulkanik  yang  subur,  sehingga  sangat  memungkinkan  keanekaragaman  kehidupan  sosial  politik  dan  budaya.
Kabupaten  Banyumas  tergolong  kabupaten  yang  sudah  tua,  karena  berdiri  sejak  6  April  1582  sebagai  pendiri  pertama  yaitu  R.  Joko  Kaiman.  Karena  usianya  yang  sudah  tergolong  tua  dibandingkan  kabupaten-kabupaten  lain  maka  ragam  budaya  yang  dimilikinyapun  cukup  banyak   dan  beragam.  Jika  kita  lihat  secara  historis  dari  kondisi  alam  wilayah  Kabupaten  Banyumas  ada  dua  ragam  yang  melatar belakangi  budaya  Banyumas.  Pertama  ragam  budaya  diwarnai  oleh  gaya  kehidupan  orang  orang  yang  tinggal  di  wilayah  dataran  tinggi  pegunungan  kaki  gunung  Slamet.  Kedua  ragam  budaya  yang  banyak  diwarnai  oleh  kondisi  alam  lembah  sungai  Serayu.


B. Keragaman Budaya

RAGAM  BUDAYA  Kabupaten  Banyumas  sangat  sedikit  diwarnai  oleh  gaya  kehidupan  keraton,  karena  wilayah  kabupaten  Banyumas  termasuk  wilayah  yang  cukup  jauh  dari  wilayah  keraton  yang  ada  di  Jawa  Tengah.  Karena  itu  ragam  budaya  orang  Banyumas  baik  dari  bahasa  maupun  corak  gaya  hidupnya  termasuk  aneh  dan  nyleneh  berbeda  dengan  bahasa  dan  gaya  hidup  orang  keratonan.
Mengenai  batas –batas  wilayah  kabupaten  Banyumas  sebelah  barat  dan  selatan  berbatasan  dengan  wilayah  kabupaten  Brebes  dan  Cilacap.  Sedangkan  batas  wilayah  sebelah  utara ,  timur  dan  tenggara  berbatasan  dengan  wilayah  kabupaten  Pemalang,  Purbalingga,  Banjarnegara  dan  Kebumen. 
Kabupaten  Banyumas  terdiri  dari  27  kecamatan  dan  315  desa   yang  yersebar  di  wilayah  perbukitan  dan  dataran  lembah  sungai  Serayu.
Jumlah  penduduk  di  kabupaten  Banyumas  tergolong  padat  karena  wilayah  kabupaten  Banyumas  tergolong  subur  dan  letaknya  yang  sangat  strategis  mudah  dijangkau  dari  seluruh  wilayah  yang  tinggal  di  pulau  Jawa.  Namun  demikian  kondisi  sosial  budaya  yang  ada  di  kabupaten  Banyumas  belum  bisa  terurus  dengan  baik  karena  kendala  dana  dan  semakin  kurangnya  kepedulian  masyarakat  Banyumas  terhadap  nilai-nilai  budaya  yang  sudah  ada.  Warisan  Budaya  yang  ada  di  wilayah  Banyumas  sebenarnya  sangat  banyak,  hal  ini  bisa  kita  jumpai  sisa  sisanya  disetiap  pelosok  pedesaan  atau  perkampungan  di  wilayah  Banyumas.  Sebagai  contoh  ragam  bahasa  Banyumasan  hampir  setiap  desa  atau  perkampungan  pasti  ada  perbedaanya  dalam  memberi   nama  suatu istilah.  Tata  kehidupan,  Upacara  adat  dsb.
Dari  berbagai  Ragam  Budaya  yang  ada  di  wilayah  Kabupaten  Banyumas  kita  akan  mengangkat  salah  satu  contoh  Upacara  Tradisional  yaitu  RUWAT  BUMI.
Salah  satu  contoh  Ruwat  Bumi  yang  akan  dibahas  disini  adalalah  yang  ada    ruwat  bumi  di salah satu  desa  di  wikayah  kecamatan  Kedungbanteng  Kabupaten  Banyumas  tepatnya  di  desa  Karangnangka.

C. Acara Tradisi Ruwat Bumi  ( Sedekah Bumi )
 I. Gambaran  Umum  Kegiatan  Ruwat  Bumi
Secara  umum  kegiatan  Ruwat  Bumi  sudah  banyak  dilakukan  disetiap  desa  di  wilayah  Kabupaten  Banyumas.  Namun  demikian  kegiatan  ini  sudah  jarang  dilakukan. Mengapa    sebab  dijaman  sekarang  sudah  ada  pergeseran  kepentingan  dan  pengertian.  Ada  yang  berpendapat  bahwa  Ruwat  Bumi  adalah  kegiatan  penghambur  hamburan  dan  pemborosan  dan  sudah  kurang  manfaatnya.  Sebagian  ada  pula  yang  berpendapat  Ruwat  Bumi  kegiatan  yang  melanggar  aqidah  ajaran  agama  tertentu.     
Berbagai  pendapat  yang  ada  karena  ada  pergeseran  pengertian  maksud  dan  tujuan.  Pengertian,  maksud  dan  tujuan  Ruwat  Bumi  sekarang  sudah  dianggap  kurang  relevan  lagi  dengan  tuntutan  jaman .  Hal  ini  bisa  terjadi  tatkala  generasi  penerus  dibiarkan  tak  ada  kepedulian  dari  generasi  tua   untuk  diajak  terlibat  dalam  suatu  kegiatan  yang  diselenggarakan  oleh  generasi  tua.   Tatkala  ada  yang  ikut  dilibatkan  tidak  diberi  pengertian  maksud  dan  tujuan.  Kegiatan  tingggal  kegiatan,  kehambaran  mewarnai  suatu  upacara  yang  diselenggarakan  oleh  kaum  tua.  Apa  jadinya  kaum  muda  berkata  “ membosankan”  kegiatan  yang  dilakukan  oleh  kaum  tua.  Tak  terasa  kegiatan  ruwat  bumi  berangsur  hilang  dan  sudah  kurang  menarik  lagi  diera  jaman  sekarang.  Kaum  tua  menjerit  jaman  edan  orang  sekarang  sudah  meninggalkan  nilai  nilai  budaya  luhur  yang  dibangun  oleh  kakek  nenek  kita. 
Namun  demikian  masyarakat  desa  Karangnangka  Kecamatan  Kedungbanteng  tidak  larut  dan  tergerus  oleh  jaman  yang  sudah  poyang  payingan  dan  tidak  menentu   terhadap  budaya  yang  ada  sekarang  ini.  Masyarakat  di  desa  Karangnangka  masih  tetap  teguh  untuk  mempertahankan  dan  mengembangkan  nilai nilai  budaya  peninggalan  nenek  moyang.
Bukti   masyarakat  desa  Karangnangka  masih  mempertahankan  nilai  budaya  leluhur  setiap  tanggal  1  syura  diadakan  kegiatan  Ruwat  Bumi  yang  dimulai  dari  bersih  makam  para  leluhur  dengan  urutan  kegiatan  sebagai  berikut:

II. Prosesi Ruwat Bumi
  1. Pelaksanaan  diselenggarakan  setiap  tanggal  1  syura
  2.  Kegiatan  prosesi   
    1. Bersih  makam  para  tokoh  desa  Karangnangka
    2. Mengadakan  do a  ritual dan  upacara  adat  Ruwat  Bumi
    3. Pawai  arak-arakan  mengiring  gunungan  hasil  bumi  serta  tumpeng  selamat  yang   dibuat  oleh  tiap-tiap  RT  dan  diiringi  musik    unggulan  dari  RT  masing-masing.
    4. Serah  terima  Gunungan  hasil  bumi  dari  tokoh  masyarakat  ke  Kepala  Desa.
    5. Upacara  Syukuran  Ruwat  Bumi  di  Balai  Desa  dan  diiringi  gending  -  gending  sakral  Ruwat  Bumi
    6. Wayangan  Ruwat  Bumi  sehari  yang  diakhiri  dengan  rebutan  Gunungan  Hasil  Bumi
    7. Dilanjutkan  malam  hari  hiburan  Wayang  Kulit  semalam  suntuk.
  3. Kelengkapan  yang  digunakan  dalam  Upacara  Adat  Ruwat  Bumi  :
    1. Tumpeng  Semat  dari  tiap-tiap  RT
    2. Gunungan  hasil  bumi
    3. Pusaka  keramat  seperti  tombak,  keris, pedang, dsb.
    4. Tandu  tumpeng  dan  gledegan  atau  becak
    5. Peralatan  kesenian
    6. Peralatan  makan
    7. Peralatan  dokumen
    8. Peralatan  pentas  wayang  kulit
  4. Peserta  yang  terlibat  dalam  kegiatan  Ruwat  Bumi
            a.  Semua  tokoh  masyarakat  dari  ketua    RT, RW , Perangkat
                Desa,  Kepala  Desa.
b.      Semua  Warga  masyarakat  desa  Karangnangka.
c.      Tamu  undangan  desa  sekitar.
d.      Semua  Group  seni  yang  ada  di  desa  Karangnangka.
e.      Semua  ormas  yang  ada  di  desa  Karangnangka  seperti  NU,  Muhamadiyah,   Fatayat,  Muslimat,  Pemuda  Ansor,  IPNU,  IPPNU,  Karangtaruna,  AMPI, Gapoktan,  PKK,  dsb.
f.        Ulama,  Ustad, Guru,  dan  anak-anak  sekolah.
g.      Tokoh  adat,  Juru  Pelihara  situs  dan  Maqom\

  1. Nilai  yang  terkandung  dalam  kegiatan  Ruwat  Bumi
    1. Agar  bumi  tetap  lestari  memberikan  manfaat  bagi  kehidupan.
    2. Membina  mitos  agar  manusia  tidak  semena-mena  terhadap  hasil  bumi
    3. Mencintai  dan  menumbuhkan  rasa  kepedulian  terhadap  isi  bumi  dan  kehidupannya.
    4. Meningkatkan  rasa  syukur  terhadap  Tuhan  Yang  Maha  Kuasa  yang  telah  memberikan  makanan,  minuman  serta  hasil  bumi  yang  melimpah  melalui  bumi  yang  kita  pijak.
    5. Sarana  doa  kepada  Tuhan  agar  bumi  yan  kita  Ruwat  terhindar  dari  malapetaka  yang  tidak  kita  inginkan.







Gambar  Prosesi  Ruwat  Bumi  Desa  Karangnangka  Kecamatan  Kedungbanteng

















Pawai  gelar  budaya  mengarak  tumpeng  Selamat  dan  Gunungan  Hasil  Bumi

































Upacara  serahterima  Gunungan  hasil  bumi  dan  tumpeng  Selamat

















Tasyakuran  Ruwat  Bumi  di  Pendopo  Balai  Desa  Karangnangka

















Pagelaran  Wayang  Ruwat  dan  Wayang  Kulit  semalam  suntuk



















PENYUSUNAN RAGAM BUDAYA JAWA TENGAH

KABUPATEN            :  BANYUMAS
KECAMATAN           :  KEBASEN
DESA                         :  KALISALAK

A. Gambaran Umum

- Peta Kabupaten Banyumas















1.      Luas wilayah Kabupaten Banyumas :   1.327,60   Km  persegi dan secara geografis  terletak di Propinsi Jawa Tengah bagian selatan, yang terletak di antara 108 derajat  39’ 17” – 109 derajat  27’15” BujurTimur dan 7 derajat  15’05” -737’10 Lintang Selatan. . Wilayah Kabupaten Banyumas berada pada ketinggian 20-150 dpl. Struktur topografi pada wilayah ini cukup beragam, meliputi dataran tinggi dan dataran rendah. Dataran tinggi, perbukitan dan pegunungan terletak di sisi utara ( gunung slamet ) dan sisi selatan ( sisi sungai Serayu ) seluas 66,95 % dan memiliki kemiringan antara 2 % - 40 %. Sisanya       ( 33,05 % ) merupakan dataran rendah  yang terletak pada bagian tengah dan selatan dengan kemiringan berkisar antara 0 derajat – 2 derajat.

2.      Batas wilayah Kabupaten Banyumas adalah Kab. Tegal ( utara ), Kab Banjarnegara, Kebumen , dan Purbalingga ( timur ) , Kab. Cilacap ( selatan ) , dan Kab. Brebes ( barat). Wilayah administrative Kabupaten Kebumen seluas 132.759 Ha atau 4.08 %  dari luas provinsi Jawa Tengah.

3.      Jumlah Kecamatan  ada  27 ( dua puluh tujuh )  , yang terdiri dari :
-         Kecamatan Lumbir
-         Kecamatan Wangon
-         Kecamatan Jatilawang
-         Kecamatan Rawalo
-         Kecamatan Kebasen
-         Kecamatan Kemranjen
-         Kecamatan Sumpiuh
-         Kecamatan Tambak
-         Kecamatan Somagede
-         Kecamatan Kalibagor
-         Kecamatan Banyumas
-         Kecamatan Patikraja
-         Kecamatan Purwojati
-         Kecamatan Ajibarang
-         Kecamatan Gumelar
-         Kecamatan Pekuncen
-         Kecamatan Cilongok
-         Kecamatan Karanglewas
-         Kecamatan Sokaraja
-         Kecamatan Kembaran
-         Kecamatan Sumbang
-         Kecamatan Baturraden
-         Kecamatan Kedungbanteng
-         Kecamatan Purwokerto Utara
-         Kecamatan Purwokerto Selatan
-         Kecamatan  Purwokerto Barat
-         Kecamata Purwokerto Timur
:
4.      Jumlah Penduduk Kabupaten Banyumas berdasarkan sensus penduduk tahun 2008 adalah  1.802.150  ( satu juta delapan ratus dua ribu seratus lima puluh ) orang, dengan penyebaran berdasarkan jumlah per kecamatan :
-         Kecamatan Lumbir                           : 53.274 orang
-         Kecamatan Wangon             : 90.083 orang
-         Kecamatan Jatilawang                     : 74.611 orang
-         Kecamatan Rawalo                          : 58.617 orang
-         Kecamatan Kebasen                       : 68.806 orang
-         Kecamatan Kemranjen                    : 76.160 orang
-         Kecamatan Sumpiuh                        : 61.642 orang
-         Kecamatan Tambak                         : 54.351 orang
-         Kecamatan Somagede                    : 31.346 orang
-         Kecamatan Kalibagor                      : 55.836 orang
-         Kecamatan Banyumas                     : 54.827 orang
-         Kecamatan Patikraja                        : 59.442 orang
-         Kecamatan Purwojati                       : 37.865 orang
-         Kecamatan Ajibarang                      : 102.029 orang
-         Kecamatan Gumelar                        : 56.954 orang
-         Kecamatan Pekuncen                      : 80.329  orang
-         Kecamatan Cilongok                        : 120.995 orang
-         Kecamatan Karanglewas                : 61.874 orang
-         Kecamatan Sokaraja                       : 88.172 orang
-         Kecamatan Kembaran                     : 78.878 orang
-         Kecamatan Sumbang                      : 75.594 orang
-         Kecamatan Baturraden                    : 52.616 orang
-         Kecamatan Kedungbanteng            : 54.828 orang
-         Kecamatan Purwokerto Utara         : 53.034 orang
-         Kecamatan Purwokerto Selatan     : 77.945 orang
-         Kecamatan  Purwokerto Barat        : 55.369 orang
-         Kecamata Purwokerto Timur           : 66.674 orang

5. Kondisi geografis Kecamatan Kebasen  ini hampir berimbang antara dataran rendah / rata dan daerah pegunungan. Jarak kota Kecamatan kebasen dari kota Purwokerto kurang lebih 30 km , ke arah selatan.

6. Kondisi Sosial Budaya

a.      Kondisi Sosial

Dari keseluruhan jumlah penduduk Kabupaten Banyumas , mayoritas              ( 75 % ), adalah bermata pencaharian sebagai petani, selebihnya adalah pedagang,Pegawai Negeri Sipil dan Pegawai Swasta

b.      Kondisi Budaya

Perkembangan budaya yang ada di Kabupaten Banyumas sampai saat ini mendasarkan pada aspek aspek kesejarahan, aspek kepurbakalaan, aspek kebahasaan dan kesastraan, aspek permuseuman, aspek kesenian, aspek nilai tradisi. Dari aspek nilai tradisi   kita mengenal berbagai acara yang tradisi menarik, misalnya acara Kirab Pusaka Kaprajan dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Banyumas setiap tanggal 5 April, Acara Penjamasan Pusaka di Desa Kalisalak, Kecamatan Kebasen, Penjamasan Jimat di Kalibening, Desa Dawuhan, Kecamatan Banyumas, acara Unggah-Unggahan  yang dilaksanakan oleh komunitas adat masyarakat Desa Pekuncen Kecamatan Jatilawang pada setiap bulan Syakban.  Juga ada acara Udun udunan di Desa Pekuncen Kecamatan Jatilawang setiap yang prosesinya  mirip unggah-unggahan namun dilaksanakan pada bulan syawal, Acara Jaro Rojab di Desa Cikakak Kecamatan Wangon. Selain itu terdapat berbagai permainan anak yang sudah dilaksanakan secara turun temurun seperti permainan Benthik, Sunda Manda, Dakon, Gobag Dodor, Jonjang dan sebagainya. Dari aspek  kebahasaan dan kesastraan kita mengenal adanya tradisi tutur yang berupa Dalang Jemblung, Sholawatan Jawi, Macapatan dll. Desa Kalisalak di Kecamatan Kebasen memiliki acara tradisi yang sudah berlangsung ratusan tahun secara turun temurun, yakni acara Penjamasan Jimat Kalisalak, yang pada dasarnya adalah menjamas pusaka-pusaka peninggalan leluhur yakni Sunan Amangkurat I.









B.  Keragaman Budaya

 -   Upacara Tradisi Penjamasan Jimat / Pusaka Desa Kalisalak

1.  Pengertian

  • Tradisi  adalah kebiasaan turun temurun yang masih dijalankan oleh masyarakat
  • Jimat  adalah barang barang yang dianggap keramat dan diyakini memiliki keampuhan melebihi kodratnya
  • Pusaka  adalah benda-benda peninggalan leluhur yang diyakini memiliki kelebihan / kesaktian dan bernilai tinggi

2. Asal Mula Adanya   Jimat Kalisalak
Sultan Agung Hanyakrakusuma Senopati Ing Ngalaga Ngabdurrahman Sayidin Panatagama ( Raja yang agung, pangeran yang sakti, panglima perang dan pemangku amanah Allah yang sakti ) raja ke tiga Kerajaan Mataram yang memerintah tahun 1613 – 1645 dan berhasil membawa kerajaannya ke puncak kejayaan dengan pusat pemerintahan di Jogjakarta. Nama kecilnya Pangeran Jatmiko, dengan panggilan Raden Mas Rangsang. Belaiau adalah anak Panembahan Sedo Ing Krapyak atau Panembahan Krapyak atau Mas Jolang           ( berkuasa tahun 1601 -1613 ) dan cucu Panembahan Senopati ( berkuasa tahun 1582 -1601 ) pendiri Kerajaan Mataram.
Pada tahun 1628-1629 Sultan Agung secara besar-besaran mengerahkan pasukannya untuk mengepung Batavia. Karena kuatnya pertahanan VOC , setiap penyerbuan pasukan Sultan Agung dapat dipatahkan
Sultan Agung mangkat pada tahun 1645, selanjutnya Kerajaan Mataram diperintah oleh putranya , Sunan Tegalwangi dengan gelar Amangkurat I. Dalam masa pemerintahannya dan masa-masa selanjutnya Kerajaan Mataram mengalami kemunduran. Wilayah kekuasaannya berangsur-angsur menyempit karena  aneksasi  yang dialkukan olleh VOC.
Keberhasilan Sultan Agung memperluas wilayah Kerajaan Mataram yang meliputi seluruh Jawa dan Madura ( kecuali Batavia dan Banten ) dan beberapa daerah diluar Jawa  ( palembang , Jambi dan Banjarmasin ) ternyata membuat  sebagian penduduk menjadi gusar, sehingga pada tahun 1674 terjadi pemberontakan yang dipimpin oleh seorang Pengeran dari Sumenep  Madura yang terkenal dengan nama Pangrean Trunojoyo dan dibantu oleh orang-orang dari Makasar. Dalam pemberonakan itu satu wilayah Kerajaan Mataram, Plered                ( sebelah selatan Jogjakarta ) berhasil diduduki oleh pasukan Trunojoyo, sehingga Suna Amangkurat I menyelamatkan diri pada  2 Juli 1677.
Sunan Amangkurat I bermaksud ke Batavia, disertai oleh beberapa kerabat dan prajurit Kerajaan Mataram,diantaranya putra mahkota Adipati Anom, dengan segala perlengkapan dan perbekalan sebagai seorang raja Kerajaan Mataram.
Dalam perjalana ke Batavia, Sunan Amangkurat I selalu mendapatkan pengejaran dan serangan dari Pangeran Trunojoyo, sampai memasuki wilayah perbatasan Kedu dan Banyumas.
Sunan Amangkurat I berhenti di sebuah tempat untuk membuat pertahanan yang kuat, kemudian tempat tersebut diberi nama Tambak ( yang berarti bendungan pertahanan, sekarang menjadi salah satu nama kecamatan di Kabupaten      Banyumas ). Namun pertahanan tersebut tidak berhasil membendung serangan pasukan Trunojoyo.
Sunan Amangkurat I meneruskan perjalanan ke arah barat, sampai di suatu tempat, pengejaran dan penyerangan pasukan Trunojoyo kehilangan jejak, sehingga tempat tersebut diberi nama Buntu ( tidak ada jalan lagi )
Sebenarnya Sunan Amangkurat I  berada di sebuah tempat lebih kurang  satu kilometer di sebelah barat Buntu. Ditempat itu Sunan Amangkurat I beristirahat, tempat tersebut selanjutnya  dinamakan Adisana (Adi berarti Indah, Sana berarti  tempat ). Karena perjalanan ke Batavia masih jauh  beberapa perlengkapan dan perbekalan ditinggalkan di tempat tersebut untuk mengurangi beban, diantaranya : tombak, naskah pusaka,bende ( gong kecil ) dan lain-lain.
Perjalanan diteruskan lagi ke barat, sampai di Desa kalisalak. Sunan Amangkurat I beristirahat. Beberapa perlengkapan dan perbekalan ditinggalkan kembali untuk meringankan beban, diantaranya : bahan pakaian, senjata, peralatan rumah tangga dan lain-lain. Oleh masyarakat Desa Kalisalak  barang barang peinggala Sunan Amangkurat I tersebut di rawat dan dipelihara sampai sekarang dan ditempatkan di sebuah langgar atau surau. Masyarakat ditempat tersebut menyebutnya Jimat.
Perjalanan dilanjutkan lagi ke barat, sampai wilayah Ajibarang, tepatnya di Desa Lesmana, Sunan Amangkurat I beristirahat, puteri-puteri berkesempatan membersihkan diri di mata air / pancuran yann membentuk telaga kecil.  Tempat tersebut diberi nama Pancurrendang (dari kata pancur / pancaran air dan endang/puteri ). Beberapa senjata  dan stempel Kerajaan Mataram ditinggalkan di Desa Lesmana.
Perjalanan diteruskan ke utara, sampai di Desa Pasiraman. Sunan Amangkurat I beristirahat cukup lama karena lelah dan sakit telah menempuh perjalanan yang cukup berat. Karena sakit yang tak kunjung sembuh , akhirnya pada tahun 1738 beliau mangkat di Desa Pasiraman. Setela beliau mangkat tempat tersebut diganti nama menjadi Pekuncen ( yang berarti akhir hidup Sunan Amangkurat I sudah dikunci ) sampai sekarang. Sunan Amangkurat I dimakamkan di Tegalwangi atau Tegal Arum (disebelah selata kota Tegal ). Oleh sebab itu Sunan Amangkurat I  terkenan dengan nama Sunan Amangkurat I Tegalwangi atau Sunan Amangkurat I Tegal Arum.

2. Tempat dan Waktu Penjamasan Jimat Kalisalak

 - Tempat Penjamasan   :Jimat di Desa Kalisalak, Kecamatan Kebasen, Kabupaeten 
    Banyumas, di pelataran bangunan tempat menyimpan  jimat-jimat tersebut
- Waktu Penjamasan : Pejamasan jimat dilaksanakan satu tahun sekali setiap
   tanggal 12 Maulud ,dengan penentuan hari mengikuti kalender Aboge peninggalan
   Sultan Agung.

3. Jenis-jenis jimat
- Senjata : Pedang, tombak, lading penurat, mata panah,panah ragem, pelor
- Simbol bahan makanan / pertanian : Beras merah, beras putih, gabah merah,
  gabah putih, gabah hitam, jebug, jenu, kemiri, mlinjo, pala tunaskelapa
- Perhiasan : Cincin, giwang, kaca mata
- Naskah Pusaka : Arab ( pada kertas ) , Cina ( pada lempengan tembaga), Jawa      
  ( pada daun tal )
- Sandang : Bahan pakaian, kain cinde, stagen
- Bahan Tambang :  Batukarang, belerang,biji besi, timah
- Simbol hewan / binatang  :Kepompong, unduk kerbau, unduk kuda
- Anggota tubuh : Gigi, rambut
- Peralatan / Perlengkapan : Apusbuntut, arang, bekong, benang lawe, butir tasbih,
  cambuk, genuk besar, genuk kecil, gogok, kanthong beras, karah, klowoh, lidi,
  mata uang, paksi keris, pithi besar, pihi kecil,rokok klobot, sikat, suh, sumbat
  botol,tangan-tangan mebel, tempat minumburung, rebana, tutup pithi, waranga,
  wungkal
4. Prosesi Penjamasan Jimat
Prosesi penjamasan Jimat Desa Kalisalak dipimpin oleh Juru Kunci dibantu oleh kerabat jimat, diawali dengan prosesi ritual  doa-doa untuk dapat menurunkan, mengeluarkan jimat dari tempat penyimpanannya serta menempatkan pada altar penjamasan yang telah tersedia.  Tata cara penjamasan jimat dikelompokkan menjadi dua, yaitu kelompok senjata logam dan kelompok non senjata karena keduanya memiliki perbedaan dalam penanganannya.


a. Cara Penjamasan Senjata  ( logam )
·        Dikeluarka dari empatnya / wrangka, masing-masih dibersihkan dengan air
·        Digosok berulang-ulang dengan jeruk nipis ditambah katul / dedek sampai bersih dan karatnya hilang
·        Bila telah bersih dari karat, dibersihkan kembali dengan air, selanjutnya dijemur sampai kering
·        Diberi pelumas dengan minyak wangi sampai merata
·        Dimasukka kembali ke wrangkanya masing-masing

b. Cara Penjamasan Non Senjata  / Non Logam
·        Dibersihkan dengan kuas atau kain halus
·        Diasapi dengan kemenyan / dupa/ ratus
·        Diberi minyak wangi
·        Dijemur di terik matahari
Paling akhir dari rangkaian penjamasan jimat adalah menghitung kembali jumlah dan jenis jimat yang ada,  dan membandingkan dengan keadaan tahun sebelumnya, karena selalu terjadi penambahan dan pengurangan jumlah dan jenis jimat setiap kali acara penjamasan

C. Nilai –Nilai yang terkandung dalam Acara Penjamasan Jimat Kalisalak
- Penanaman nilai penghargaan peinggalan leluhur, karena jimat / pusaka peninggalan leluhur  merupakan bukti sejarah yang tak terbantahkan untuk mengungkap perjalanan sejarah generasi pendahulu kita, sehungga perlu terus dijaga keberadaannya.
- Membangkitkan nilai kebersamaan dan kegotongroyongan, karena acara penjamasan jimat secara turun temurun dilakukan oleh masyarakat Desa Kalisalak secara spontan, tanpa pamrih dan penuh keikhlasan dan dilaksanakan secara bersama sama, dengan masing masing seolah olah sudah tahu apa yang perlu dikerjakan.
-  Penanaman nilai toleransi,  bahwa acara penjamasan jimat yang dilakukan oleh masyarakat, memang dari dahulu senantiasa adayang pro dan kontra, namun karena adanya  rasa toleransi yang tinggi dari masyarakat, acara tersebut dapat berlangsung dengan aman  dan lancer dari tahun ke tahun. 











 
















Para kerabat jimat sedang bersiap melaksanakan penjamasan
 





 




















Juru Kunci bersiap menyerahkan  jimat secara simbolis
kepada kerabat jimat untuk dijamas
 
















 



















Jimat dibuka satu persatu untuk dimulai penjamasan
 







 



















Prosesi Penjamasan Jimat
 

















PENYUSUNAN RAGAM BUDAYA JAWA TENGAH

KABUPATEN            :  BANYUMAS
KECAMATAN           :  JATILAWANG
DESA                         :  PEKUNCEN

A. Gambaran Umum

- Peta Kabupaten Banyumas















  1. Luas wilayah Kabupaten Banyumas :   1.327,60   Km  persegi dan secara geografis  terletak di Propinsi Jawa Tengah bagian selatan, yang terletak di antara 108 derajat  39’ 17” – 109 derajat  27’15” BujurTimur dan 7 derajat  15’05” -737’10 Lintang Selatan. . Wilayah Kabupaten Banyumas berada pada ketinggian 20-150 dpl. Struktur topografi pada wilayah ini cukup beragam, meliputi dataran tinggi dan dataran rendah. Dataran tinggi, perbukitan dan pegunungan terletak di sisi utara ( gunung slamet ) dan sisi selatan ( sisi sungai Serayu ) seluas 66,95 % dan memiliki kemiringan antara 2 % - 40 %. Sisanya ( 33,05 % ) merupakan dataran rendah  yang terletak pada bagian tengah dan selatan dengan kemiringan berkisar antara 0 derajat – 2 derajat.

  1. Batas wilayah Kabupaten Banyumas adalah Kab. Tegal ( utara ), Kab Banjarnegara, Kebumen , dan Purbalingga ( timur ) , Kab. Cilacap ( selatan ) , dan Kab. Brebes ( barat). Wilayah administrative Kabupaten Kebumen seluas 132.759 Ha atau 4.08 %  dari luas provinsi Jawa Tengah.
  2. Kecamatan Jatilawang merupakan sebuah kecamatan yang terletak di bagian selatan Kabupaten Banyumas. Kecamatan ini termasuk daerah yang cukup maju, karena di kota kecamatan Jatilawang dilewati jalur  jalan raya yang menghubungkan antara Jogjakarta ke Bandung atau Jogjakarta ke Jakarta. Kota Jatilawang sebagai ibukota Kecamatan Jatilawang berjarak kurang lebih 30 km dari kota Purwokerto.
  3. Kecamaan Jatilawang memiliki  budaya yang mirip dengan daerah lain di Kabupaten Banyumas,. Dari sisi kesenian ada ebeg, cowongan, lengger, wayang kulit dll.  Dari sisi  nilai- tradisi juga  ada upacara-upacara adat yang mirip dengan wilayah lain seperti acara Suran, Nyadran, sedekah bumi, apitan dll. Namun ada satu acara tradisi di wilayah Kecamatan Jatilawang, khususnya di Desa Pekuncen yang tidak ada duanya di daerah lain di Kabupaten Banyumas, apalagi di luar Kabupaten Banyumas, yaitu upacara tradisional Unggah-Unggahan.

B. RAGAM BUDAYA
 -  Acara  Unggah-Unggahan
1. Ceritera rakyat tentang asal mula adanya unggah – unggahan
Unggah –unggahan adalah sebuah acara penuh nuansa tradisi yang sudah berlangsung ratusan tahun dilaksanakan oleh keturunan Bonokeling dalam rangka memperingati datangnya bulan suci romadhan, yang dilaksanakan pada bulan sadran yang biasanya jatuh pada hari Selasa atau Jumat pada pasaran Kliwon.
Berdasarkan ceritera rakyat Bonokeling adalah  salah seorang penyebar agama Islam  yang diutus oleh sultan Demak untuk menyiarkan agama Islam di wilayah Kabupaten Banyumas pada abad ke 15. Upaya yang dilakukan oleh Bonokeling dalam menjalankan misi keagamaannya memerlukan perjuangan yang sangat berat, karena masyarakat di wilayah  Kabupaten Banyumas saat itu masih memiliki beraneka keyakinan seperti animisme, dinamisme, agama Hindu, Buda  dan lain. Lain. Namun berkat ketekunan , keikhlasan dan rasa tawakalnya kepada Allah swt, Bonokeling berhasil mensyiarkan agama Islam, di berbagai wilayah yang dia singgahi, seperti di wilayah Pasir ( di Kecamatan Karanglewas sekarang ) Wilayah Cikakak ( di Kecamatan Wangon sekarang ), wilayah Kedungwringin ( di wilayah Kecamatan Jatilawang sekarang ), wilayah Bonjok ( di Kecamatan Rawalo sekarang ) dll. Di tempat-tempat tersebut Bonokeling tidak pernah tinggal terlalu lama sehingga tidak banyak peninggalan dan jejak yang dapat ditelusuri saat ini. Di Desa Pekuncen ( di tempat pelaksanaan  acara Unggah-unggahan berlangsung ) Kecamatan Jatilawang, menetap  hingga akhir hayatnya. Di tempat ini Bonokeling membangun keluarga dan memiliki banyak keturunan. Kepada masyarakat sekitar dan  keturunannya, Bonokeling mengajarkan akidah dan syariat Islam. Salah satu ajaran yang disampaikan yakni orang orang Islam diwajibkan berpuasa di Bulan Ramadhan, sehingga bulan Ramadhan adalah bulan suci yang memiliki keistimewaan  dan harus dimuliakan. Oleh sebab itu setiap menjelang Bulan Rhomadhan, Bonokeling mengumpulkan seluruh keturunannya untuk mengadakan acara menyambut datangnya romadhaon dengan doa’ dan dzikir kepada Allah swt.
Tata cara menyambut Romadhon yang dilakukan oleh Bonokeling dan keturunanya, semasa hidupnya, ternyata diteruskan oleh anak keturunannya hingga saat ini. Bonokeling sendiri setelah wafat dimakamkan  di sekitar tempat tinggalnya. ( Desa Pekuncen, Kecamatan Jatilawang )

2. Prosesi acara Unggah-Unggahan

Prosesi acara unggah-unggahan dimulai satu hari sebelum hari H diamana ditandai dengan datangnya para anak keturunan Bonokeling dari daerah Kroya, Adiraja, Daunlumbung, Kalikudi dan Pesugihan (cilacap) yang biasanya datang dengan berjalan kaki dan berpakaian kejawen serba hitam dengan membawa segala macam ube rampe untuk keperluan upacara tersebut.  Sesampainya di komplek makam Bonokeling mereka ditampung di balai agung yang memang telah dipersiapkan secara turun temurun sejak zaman Bonokeling hidup, sambil beristirahat mereka mempersiapkan segala ube rampe untuk upacara adat keesokan harinya. 
Uba rampe yang dipersiapkan adalah masakan becek (makanan semacam gule daging kambing / ayam) untuk disajikan dalam acara kenduren. Setelah itu  diadakan acara ritual pisowanan (ziarah kubur) yang sebelumnya mereka harus bersuci dengan cara membersihkan mulut, jempol kaki, telinga, hidung dan muka, acara ini dipandu oleh juru kunci selaku pemangku adat dengan dibantu para bedogol dan pemanggul (orang kepercayaan). Setelah segala persiapan selesai maka tinggal menunggu hari H pelaksanaan dengan rangkaian acara sebagai berikut :
Hari  Pertama

Para tamu yang terdiri dari kaum tani dan anak keturunan Bonokeling mulai berdatangan sekitar pukul 11.00 WIB, termasuk tamu dan anak keturunan Bonokeling yang berasal dari daerah Kroya, Adiraja, Daun Lumbung, Kalikudi, dan Pasugihan, Cilacap yang biasanya datang dengan berjalan kaki dan membawa segala macam uba rampe untuk keperluan kenduren (slametan), serta lengkap dengan pakaian kejawen. Selama perjalanan mereka tidak saling bertegur sapa (tapa bisu). Jumlah keturunan Bonokeling  yang  berkumpul dalam setiap acara ini lebih dari 6.000  ( enam ribu ) orang.
Kemudian para tamu dan anak keturunan Bonokeling bermalam di balai yang memang dipersiapkan sejak dahulu secara turun-temurun mulai zaman mbah Bonokeling dan berada di depan rumah juru kunci/pemangku adat, mereka beristirahat sambil mempersiapkan segala sesuatunya untuk keperluan upacara adat tradisional unggah-unggahan.

Hari  Ke dua

Upacara adat tradisional unggah-unggahan dimulai pukul 09.00 WIB didahului dengan acara pisowanan di mana para tamu, anak keturunan Bonokeling dan peziarah sowan ke makam panembahan Bonokeling dipimpin juru kunci/pemangku adat yang bernama mbah Karyasari didampingi para bedhogol dan pemanggul (para pembantu kepercayaan juru kunci).
Pisowanan dilaksanakan secara berurutan sampai semua tamu, anak keturunan Bonokeling dan peziarah melakukan sowan ke makam panembahan Bonokeling untuk mengirim doa dan memohon berkah (bagi yang meyakini).
Sementara para tamu, anak keturunan Bonokeling dan peziarah melakukan ritual pisowanan, masyarakat dan penduduk sekitar kompleks makam Panembahan Bonokeling melaksanakan bersih kuburan dan perbaikan pagar yang berada di kompleks makam tersebut.
Setelah acara pisowanan selesai, malam harinya selepas maghrib sekitar pukul 18.30 WIB diadakan kenduren secara bersama-sama yang diikuti  oleh ratusan bahkan ribuan tamu, anak keturunan Bonokeling dan peziarah, acara ritual kenduren ini dipimpin oleh juru kunci yang didampingi para bedhogol dan pemanggul.
Adapun perlengkapan untuk kenduri antara lain :
-           Tumpeng yang maknanya adalah sebagai ungkapan puji syukur   
       kepada Tuhan Yang Maha Esa
-           Daging kambing / ayam yang maknanya adalah sebagai ungkapan kebersamaan dan kegotongroyongan serta mempereret tali silaturahmi
-           Bunga dan minyak wangi yang maknanya adalah agar apa yang menjadi permohonannya cepat diterima / dikabulkan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Hari Ketiga

Para tamu anak keturunan Bonokeling dan peziarah yang kebanyakan kaum tani melakukan bersih-bersih sisa-sisa kenduren, yang menurut keyakinan setempat  sisa-sisa kenduren tersebut kemudian dibawa pulang dan disimpan sebagai sarana penolak bala dan penolak hama tanaman pertanian.
Diyakini oleh mereka bahwa mbah Bonokeling adalah orang pertama yang memberi pelajaran dan mengajari tata cara bercocok tanam/bertani kepada anak keturunan dan masyarakat sekitarnya, maka tidaklah heran kalau sebagian besar tamu dan peziarah mayoritas adalah kaum tani.
Setelah selesai bersih-bersih para tamu dan peziarah mulai pulang ke rumah dan daerahnya masing-masing.
3. Nilai-nilai yang terkandung dalam acara unggah-unggahan
·        Semangat kekeluargaan dan persaudaraan : adanya acara unggah-unggahan mampu mengumpulkan keturunan / saudara ( khususnya keturunan Bonokeling ) yang terpencar di berbagai wilayah untuk bersamasama melaksanakan kegiatan yang penuh nuansa kekeluargaan.
·        Semangat kebersamaan dan kegotong royongan : Acara unggah-unggahan bisa terlaksana dengan lancar berkat kebersamaan dan kegotong royongan seluruh keturunan Bonokeling maupun masyarakat sekitar, yang didasari rasa tanpa pamrih.
·        Semangat religius : Acara Unggah-unggahan merupakan wujud syukur kepada Allah swt  atas segala karunia yang telah diberikan kepada seluruh kleturunan Bonokeling dan masyarakat sekitar, sehingga mereka akan menjalankan perintah Allah dengan lebih baik, terutama di Bulan Ramadhan yang mereka sambut dengan acara tersebut.


































 
















Proses memasak daging kambing untuk persiapan kenduri
 







 




















Para sesepuh dan pemangku adat bersiap mangikuti kenduri
 


















 

Acara keduri sebelum acara pokok Unggah-Unggahan yang diikuti juga oleh masyarakat umum
 














Tidak ada komentar:

Posting Komentar